Akutansi

MAKALAH AKUNTANSI
Perubahan Akuntansi dan Analisis Kesalahan
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas PKKMB pada Program Studi D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis




Disusun Oleh :
Adella Haifa Shabira

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
2019

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat sertakarunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya.                                        
 Makalah ini berisikan tentang informasi-informasi tentang Perubahan Akuntansi dan AnalisisKesalahan
Saya berharap mudah-mudahan makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan memberikan informasi pengetahuan kepada teman-teman semua dan masyarakat lainnya.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari semua pihak akan Saya terima dengan tangan terbuka selalu demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.


Karawang, 25 Agustus 2019


Penyusun


Adella Haifa Shabira
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………......................iii
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………..1
Latar Belakang ……………………………………………………….1
Tujuan  ……………………………………………………………….2
Rumusan Masalah ……………………………………………………2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Perubahan akuntansi………………………………………………….3
2.2 Perubahan kebijakan akuntansi ………………………………………7
2.3 Analisis kesalahan ..…………………………………………………..10
BAB III PENUTUP ……………………………………………………………...12
3.1 Kesimpulan …………………………………………………………..12











BAB I
PEDAHULUAN
Latar Belakang
Begitu banyak perubahan pada kerangka kerja konseptual FASB mendeskripsikan komparabilitas juga mencakup konsistensi sebagai salah satu karakteristik kualitatif yang berkontribusi terhadap manfaaat informasi akuntansi. Sayangnya, perusahaan-perusahaan mengalami kesulitan menjaga komparabilitas dan konsistensi akibat berbagai perubahan prinsip-prinsip akuntansi yang diserahkan oleh FASB. Lebih lanjut, sejumlah perusahaan menghadapi pelaporan ulang akibat kesalahan laporan keuangan mereka. Meskipun perusahaan yang melaporkan perubahan material persentasenya kecil, Anda masih harus berhati-hati. Penyebabnya adalah Jumlah laporan keuangan dapat berubah akibat perusahaan prinsip-prinsip akuntansi dan pelaporan ulang. FASB telah menetapkan kerangka kerja pelaporan, yang mencakup tiga jenis  perubahan akuntansi. Tiga jenis perubahan akuntansi adalah:
Perubahan Prinsip Akuntansi Perubahan dari satu prinsip akuntansi yang berlaku umum ke prinsip akuntansi yang berlaku umum lainnya. Sebagai contoh, perubahan metode penilaian  persediaannya dari metode LIFO menjadi metode rata-rata.
Perubahan Estimasi Akuntansi Perubahan yang terjadi sebagai akibat dari informasi baru atau diperolehnya  pengalaman tambahan. Contohnya adalah perubahan estimasi umur aktiva yang dapat disusutkan.
Perubahan Entitas Pelaporan Perubahan dari pelaporan sebagai satu jenis entitas ke jenis entitas lainnya. Sebagai contoh, perubahan anak perusahaan spesifik dalam satu kelompok perusahaan dimana laporan keuangan konsolidasi disusun. Perubahan Akuntansi dan Analisis Kesalahan
Kesalahan-kesalahan Dalam Laporan Keuangan Kesalahan yang terjadi sebagai akibat dari kesalahan matematis, kesalahan  penerapan prinsip akuntansi, atau kelalaian atau penyalahgunaan fakta yang ada  pada saat laporan keuangan disusun. Contohnya adalah penerapa metode  persediaan eceran yang tidak tepat dalam menentukan nilai persediaan akhir. Perubahan-perubahan itu diklasifikasikan oleh FASB dalam empat kategori ini karena karakteristik individual dari setiap kategori membutuhkan metode yang  berbeda untuk mengakui perubahan ini dalam laporan keuangan. Masing-masing kategori tersebut akan diba

0 Response to "Akutansi"

Post a Comment